HP SELFIE TERBAIK

Tuesday, December 27, 2016

PUDING PANAS & DINGIN



Mendengar kata puding yang terbayang biasanya hidangan penutup dari agar-agar, rasanya manis, disajikan dingin (setelah disimpan dalam lemari es) dan disantap bersama saus. Padahal ada juga jenis puding yang dipanggang dalam oven atau dikukus, yang biasa disebut puding panas jika disajikan panas/hangat)
atau puding dingin (karena memang lebih lezat disantap setelah dingin).

Cita rasa yang eksotis
Puding panas tidak kalah menariknya dengan puding dingin yang begitu kaya variasi. Hampir semua bahan dapat Anda gunakan untuk membuat puding panas. Terbuat dari bahan apa pun, cita rasa puding panas begitu menggoda. Puding custard, puding susu, puding roti, atau puding spons kukus contohnya.

Nuansa cita rasa krim, susu, telur dipadu dengan aroma karamel dan buah-buahan membuat puding panas menjadi alternatif pilihan saat hujan dan udara dingin. Pada hari panas, nikmati puding panggang/kukus yang telah dingin dengan es krim atau saus manis. Nah, sekarang kembangkan kreasi Anda, ciptakan puding panas dengan sensasi cita rasa baru.



Cetakan
Baik puding panas maupun dingin tidak membutuhkan cetakan khusus. Cetakan berbentuk sederhana dan serbaguna adalah yang terbaik. Misalnya, keramik tahan panas yang hisa dipanggang, diknkus, dan langsung disajikan di meja. Untnk kesempatan khusus atau buffet dapat Anda gunakan cetakan besar. Tapi untuk perorangan, sajikan puding dalam ukuran kecil.

Krim
Merupakan bahan paling mewah untuk membuat puding. Bahkan kadang-kadang digunakan krim kental (double/thick cream) yang dikocok dengan mikser hingga kental agar diperoleh puding custard yang lebih keras. Supaya tidak gosong, masak adonan dengan api kecil dan gunakan panci yang dasarnya tebal.

Buah


Puding dingin akan lebih lezat jika ditambahkan buah segar, seperti jeruk orange, stroberi, nanas.



Selain buah segar, manisan buah kering seperti kismis, apel, aprikot, juga banyak dipakai untuk puding panas. Sebelum dipakai, rendam dulu manisan buah kering dalam air/minuman keras selama 2 jam hingga semalaman, agar tidak menyerap kandungan air dalam puding sehingga puding menjadi kering.


Tip melepas juring jeruk orange
Juring jeruk orange sangat bagus untuk hiasan atau untuk dicampurkan ke dalam puding. 

Caranya:
1. Kupas tebal kulit jeruk hingga semua bagian putih terangkat.
2. Buat irisan pada jeruk sedekat mungkin dengan kulit lipis yang membatasi setiap juring. Dengan gerakan memutar, lepaskan juring jeruk. Lakukan hal yang sama pada sekeliling juring jeruk.

MEMASAK PUDING

Puding panas biasanya dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau au bain marie (ditim dalam oven).


Merupakan cara memanggang puding dalam oven dengan cara ditim, cetakan puding ditaruh dalam loyang berisi air panas. Hasilnya, puding lebih lembut dan tidak kering, seperti crème caramelcrème brûlée.


Mengukus
Mengukus puding harus ditutup serbet/kertas aluminium rangkap dua, yang bagian tengahnya diberi lipatan, agar puding bisa mengembang. Ikat pinggirnya dengan tali. Kukus dalam dandang atau panci berisi air. Jika mengukus dalam panci, letakkan ganjal di dasar panci supaya cetakan tidak langsung menyentuh air.

No comments:

Post a Comment