HP SELFIE TERBAIK

Tuesday, December 27, 2016

PUDING SPONS



Bahan:
margarin untuk olesan 
250 g tepung terigu 
½ sdt baking powder 
¼ sdt soda kue 
30 g cokelat bubuk 
150 g margarin/mentega 
100 g cokelat masak (dark cooking chocolate), potong-potong kecil
1 sdt esens vanili
130 g gula kastor/gula pasir berbutir halus
2 butir telur, kocok sebentar
180 ml butermilk* 

Bahan:
Siapkan cetakan puding tahan panas bervolume 750 ml, olesi margarin. (lampur tepung terigu, baking powder, soda kue, dan cokelat bubuk, lalu ayak.

Taruh margarin/mentega, cokelat masak, dan esens vanili dalam panci. Sambil diaduk, masak dengan api kecil sampai cokelat dan margarin leleh, masukkan gula, aduk hingga rata. Angkat dari atas api. Aduk jadi satu campuran margarin, telur kocok, dan buttermilk dengan mikser.


Taruh campuran tepung dalam mangkuk, buat lubang di tengahnya. Tuangi dengan campuran margarin. Aduk dengan kocokan kawat hingga rata.

Tuang adonan dalam cetakan. Tutup cetakan dengan 2 lembar serbet/kertas aluminium yang telah diberi lipatan di tengahnya, ikat pinggirnya dengan tali.


Taruh cetakan dalam panci yang dasarnya diberi alas sehingga cetakan tidak langsung kena dasar panci. Tuangkan air mendidih ke dalam panci sampai separuh cetakan terendam. Masak dengan api sedang selama 1 jam. Keluarkan cetakan dari panci, buka tutupnya. Sajikan dengan saus jeruk atau saus vanila.

* Buttermilk: cairan kental sisa pemrosesan mentega. Dijual di pasar swalayan pada rak susu. Jika ditambah soda kue dapat berfungsi sebagai bahan pengembang.

No comments:

Post a Comment